Banyak Swasta Kuasai Sumber Daya Air, PLN Terhambat Kembangkan PLTA

0
1079
Article Inline AD

Sumber: Potretnews.com

Pembangunan PLTA yang diharapkan akan membantu meningkatkan kapasitas pembangkit listrik di Indonesia terkendala oleh masih banyaknya lahan-lahan perairan yang dimiliki oleh swasta.

Pemerintah mentargetkan untuk mengembangkan energi baru terbarukan sebesar 23% dalam bauran pada tahun 2025. Direncanakan PLN akan meningkatkan daya listrik melalui PLTA hingga 13.000 MW (Mega Watt) dalam 8 tahun kedepan. Saat ini kapasitas terpasang PLTA di seluruh Indonesia hanya mencapai 4.010 MW masih membutuhkan 9.000 MW lagi untuk dapat mencapai angka yang ditargetkan.

Direktur pengadaan PLN, Nicke Widyawati menyampaikan “Kalau mau bangun PLTA kan ada izin dulu. Izin dikeluarkan pemprov, dari gubernur. Sebagian besar konsesi itu sudah dipegang oleh pihak-pihak lain. Kita PLN enggak bisa masuk,” ungkap beliau saat ditemui di gedung DPR Jakarta, Selasa (29/8/17).

Beliau juga menegaskan bahwa konsensi untuk sumber daya air tidak memiliki Batasan waktu apabila tidak diberdayakan, hal ini berbeda dengan sumber daya alam lainnya seperti hasil panas bumi yang mempunyai batasan waktu apabila tidak digunakan, sehingga dalam kurun waktu tersebut pemerintah dapat menyerahkan konsensi tersebut kepada PLN. Akan tetapi untuk sumber daya air, pemerintah tidak dapat melakukan hal yang serupa, sehingga PLN mempunyai hambatan untuk mengelolanya apabila sudah di tangan pihak swasta.

Menurutnya, PLN untuk saat ini masih akan memaksimalkan PLTA yang sudah beroperasi dengan meningkatkan kapasitasnya melalui pumped storage. Dengan cara ini diharapkan kebutuhan akan listrik yang sesuai dengan target pemerintah pada 2015 dapat di kejar.

Sumber: detik.com/finance

Article Bottom AD

LEAVE A REPLY