Baru! Panel Surya Hibrida Bisa Memanen Energi Dari Tetesan Hujan

China – Sebuah tim penelitian yang terdiri dari para insinyur teknik dari China telah menciptakan terobosan baru dalam teknologi panel di dunia energi bersih terbarukan.  Mereka memperkenalkan panel surya hibrida baru yang juga dapat menghasilkan energi dari tetes hujan.
Menurut pemberitaan yang dipublikasikan situs inhabitat.com, teknologi baru ini memanfaatkan efek bernama triboelectric, sebuah efek di mana material tertentu menunjukkan muatan listrik setelah bersentuhan dengan material yang berbeda.
Nanogenerator triboelektric (TENGs) dengan sengaja menciptakan muatan ini melalui gesekan yang kedepan nantinya dapat digunakan untuk menghasilkan listrik statis dari benda-benda seperti pakaian, roda mobil, atau layar sentuh sekali pun. Untuk saat ini, Nanogenerator triboelektric berhasil digunakan untuk menangkap energi laten dari tetesan air hujan.
Untuk membuat TENGs, tim dari negeri tirai bambu itu menambahkan dua lapisan polimer transparan di atas panel surya mereka.  Kemudian polimer lapis atas dibuat dari polydimethylsiloxane (PDMS) sedangkan di bagian lapisan bawah terdiri dari poli (3,4-etilenoksiionienaena): poli (styrenesulfonate) (PEDOT: PSS).
Adapun untuk meningkatkan efisiensi TENGs, lapisan polimer dicantumkan dengan alur yang dimodelkan pada pola sisi data DVD.  Jadi, ketika tetesan air hujan turun, terjadi kontak dorongan antara lapisan atas ke dalam lapisan bawah, yang kemudian bertindak sebagai elektroda antara TENGs dan panel surya.
Meskipun listrik yang dihasilkan oleh panel yang diperkuat TENGs masih relatif kecil, namun demikian terbukti bahwa perangkat semacam itu dapat bekerja dan dapat ditingkatkan dengan penelitian lebih lanjut nantinya sebagai penyempurnaan atas teknologi ini.
Walaupun ini bukan pertama kalinya di mana TENGs dimasukkan ke dalam panel surya, karena sebelumnya mereka telah menjajal percobaan serupa. Namun, kali ini tim menggambarkan perangkat mereka jauh lebih sederhana, lebih ramping, dan mudah diproduksi daripada model sebelumnya.
Mereka memfokuskan pada limpahan energi yang ada di lingkungan sekitar, dengan hanya perlu memanfaatkan sumber energi yang betul-betul bersih agar ekosistem dapat terjaga di masa depan. (Liy)
Article Bottom AD