Gabung Di RE100, Dua Perusahaan Ini 100 Persen Energi Terbarukan

0
10
Amerika – Dua perusahaan besar, yakni raksasa telekomunikasi Vodafone dan penyimpanan data raksasa Iron Mountain, telah mengumumkan 100 persen target energi terbarukan dan berkomitmen untuk bergabung dengan RE100, inisiatif ini memacu target energi terbarukan perusahaan di seluruh dunia.
Dalam waktu empat hari, RE100, yang dipimpin oleh The Climate Group dalam kemitraan dengan The Carbon Disclosure Project (CDP), mengumumkan bahwa Vodafone Group dan Iron Mountain telah bergabung dengan RE100 dengan target individu untuk mendapatkan 100 persen kebutuhan listrik mereka dari energi terbarukan.
Komitmen Vodafone tertuang dalam tujuan mereka dalam penggunaan 100 persen energi terbarukan pada tahun 2025 nanti.  Saat ini, persentase penggunaannya hanya baru 13 persen. Perusahaan akan fokus terutama pada penandatanganan Perjanjian Pembelian Tenaga Listrik jangka panjang (PPA) yang juga akan mendukung pertumbuhan energi terbarukan di pasar di seluruh dunia.
“Saya senang menyambut Vodafone Group untuk RE100,” kata Sam Kimmins, Kepala RE100, The Climate Group.
“Menetapkan target untuk sumber daya terbarukan 100 persen pada tahun 2025 menunjukkan kepemimpinan nyata dan komitmen untuk menjadi kekuatan pendorong dalam transisi energi bersih,” lanjutnya seperti dilansir  cleantechnica.com.
Vodafone telah berkomitmen untuk tidak hanya memperoleh 100 persen listriknya dari sumber energi terbarukan tetapi juga mengurangi emisi gas rumah kaca hingga 40 persen.  Di sisi lain,  Iron Mountain telah menetapkan tujuan mereka untuk menjadi 100 persen energi terbarukan pada tahun 2050.
Bagaimanapun, Iron Mountain juga akan menggunakan komitmen energi terbarukan yang baru untuk memastikannya memenuhi ilmu yang berbasis target untuk menurunkan tingkat emisi gas rumah kaca.
 William Meaney, presiden dan kepala eksekutif Iron Mountain mengatakan, “kami bangga menjadi salah satu pengguna energi terbarukan.  Memahami dampak penggunaan energi kami telah menyebabkan adopsi energi dan strategi pengurangan gas rumah kaca yang membantu perusahaan menghemat uang, mengurangi dampak lingkungan dan melayani pelanggan kami dengan lebih baik.
Iron Mountain saat ini memiliki 1.400 fasilitas yang tersebar di 54 negara, yang berarti memiliki jejak karbon dan energi yang signifikan, seperti semua perusahaan penyimpanan data. Namun, perusahaan juga telah membuat langkah yang mengesankan untuk mengurangi dampaknya terhadap lingkungan. Pada tahun 2015 perusahaan hanya memperoleh 1 persen listriknya dari energi terbarukan, namun progres terjadi ditahun 2017 dengan lonjakan hingga 30 persen. Kini, semua pusat datanya didukung oleh energi terbarukan, dan memiliki instalasi surya 6 megawatt (MW) di lokasi.
“Kami sangat senang menyambut dua tambahan baru yang signifikan untuk RE100,” kata Alberto Carrillo Pineda, Direktur Teknis di CDP.
 “Target Vodafone untuk mendapatkan 100 persen dari kekuatannya pada tahun 2025 menunjukkan kepemimpinan nyata dalam transisi energi bersih, sementara target terbarukan Iron Mountain akan membantu perusahaan mewujudkan target berbasis sainsnya sendiri untuk menurunkan emisinya sesuai dengan tujuan yang ditetapkan dalam Perjanjian Paris.
Dua perusahaan besar lainnya menunjukkan momentum di balik penetapan target energi terbarukan.  Lebih dari 130 perusahaan perintis dunia  yang bersama-sama menggunakan kekuatan Polandia  kini telah bergabung dengan RE100, sementara data CDP menunjukkan lompatan 23 persen di perusahaan yang menetapkan target terbarukan tahun lalu. Target-target ini dan peningkatannya oleh para pemimpin perusahaan global menunjukkan seberapa cepat transisi energi dapat terjadi.  (Liy)
Article Bottom AD

LEAVE A REPLY