Ini Dia Rekor Baru Energi Bersih Negara Eropa

0
26
Inggris – Jaringan listrik di negara Inggris hingga saat ini belum membakar batubara selama sekitar 1.000 jam sepanjang tahun ini.  Ini bisa disebut rekor teranyar, meskipun itu hanya pencapaian simbolis, kecepatan di mana Inggris mencapai angka seperti itu menunjukkan sedang berlangsungnya laju transisi energi.
Pada tahun 2016 dan 2017 lalu, angka-angka yang sebanding untuk setahun penuh tercatat di 210 jam untuk tahun 2016 dan 624 jam di tahun 2017.  Seperti dilansir dari situs Quartz (qz.com),  ada dua alasan untuk upaya masyarakat dalam perubahan menuju energi bersih si sana, yakni pajak karbon atas batubara telah membuat gas alam yang lebih bersih menjadi lebih menarik, dan subsidi untuk tenaga surya dan angin telah memastikan penyebaran yang lebih luas dari teknologi energi bersih baru.
Di lain hal, kasus di negara Jerman agak sedikit berbeda. Meskipun mulai pemerintahan di negara itu telah mendorong untuk energi terbarukan lebih awal daripada Inggris, keuntungannya terlihat lebih lambat.  Bahkan posisi batubara di Jerman jauh lebih kuat daripada di Inggris.  Tetapi karena biaya energi terbarukan telah turun, perubahan akhirnya terlihat.
Pada tahun 2018 ini, batubara menghasilkan sekitar 35,1 persen listrik negara.  Sebagai perbandingan, sumber terbarukan, seperti surya, angin, dan biomassa, menghasilkan sekitar 36,5 persen. Pada pertengahan tahun ini, akan menjadi pertama kalinya dalam sejarah  Jerman dalam usaha mereka menggunakan sumber energi terbarukan, yang mampu menghasilkan lebih banyak listrik daripada batubara.
Laju perubahan diperkirakan akan semakin cepat.  Saat ini, Uni Eropa sedang memperketat skema perdagangan emisi (paywall), yang menaikkan harga karbon.  Produsen besar karbon dioksida sedang diberi insentif untuk menjauh dari bahan bakar fosil.  Selain itu, biaya penyimpanan energi pun turun, hal ini memungkinkan negara-negara di Eropa untuk menambahkan lebih banyak tenaga matahari dan angin intermiten.
Catatan semacam itu dan biaya terbarukan yang jatuh telah mempermudah Uni Eropa untuk menetapkan tujuan energi bersih yang lebih ambisius.  Bulan lalu, negara-negara anggota blok sepakat bahwa setiap negara harus mendapatkan 32 persen dari seluruh energinya dari sumber terbarukan pada tahun 2030 mendatang. (Liy)
Article Bottom AD

LEAVE A REPLY