Investasi 300 Juta Dolar, Apple Merapat Ke China Untuk Energi Bersih

0
11
China – Negara tirai bambu China segera mendapatkan kucuran investasi segar dari perusahaan raksasa berbasis teknologi asal Amerika, Apple, dalam proyek-proyek energi bersih terbarukan di sana.  Tak kurang dari 300 juta dolar Amerika akan mengalir ke negara dengan tingkat perekonomi terbesar kedua di dunia itu.
Seperti dikatakan dalam situs berita berskala internasional, cnn.com, Apple (AAPL) bermitra dengan sepuluh  pemasok global untuk pendanaan tersebut.   Investasi ini bertujuan untuk menghasilkan energi terbarukan yang cukup untuk memberi daya setara dengan hampir satu juta rumah di China.
Transformasi China menjadi negara dengan kekuatan ekonomi besar dalam beberapa dekade terakhir telah berdampak pada lingkungan negara dan kesehatan masyarakatnya. Hal itu menghancurkan dan polusi telah menjadi prioritas bagi pihak berwenang, bahkan jika itu menghambat pertumbuhan ekonomi negara.
Banyak organisasi lingkungan telah memperingatkan bahwa manufaktur elektronik menggunakan banyak energi di China dan memanfaatkan pembangkit listrik tenaga batubara yang mencemari lingkungan.  Pengumuman tentang keterlibatan Apple tentang pendanaan baru China itu adalah langkah terbaru yang kemungkinan akan bermain baik dengan pemerintah China sendiri. CEO Apple,  Tim Cook, sering mengunjungi negara itu, seiring dengan niat perusahaan yang sedang menyiapkan pusat penelitian dan pengembangan di sana.
Banyak produk Apple dibuat di China dan kemudian dkirim ke seluruh dunia. Negara ini juga menyumbang sekitar 20 persen dari penjualan perusahaan.  Sekarang, perusahaan menemukan dirinya berisiko terjebak dalam bentrokan perdagangan yang meningkat antara Washington dan Beijing.  Apple dan perusahaan teknologi besar lainnya telah menyatakan komitmen mereka untuk membersihkan sumber energi dalam beberapa tahun terakhir.
Pada bulan April lalu, Apple mengumumkan bahwa semua toko ritel, pusat data, dan kantor perusahaan kini beroperasi dengan 100 persen energi bersih.  Lebih dari 20 pemasoknya juga berjanji untuk menggerakkan produksi mereka untuk Apple dari hanya bersumberkan energi bersih.
Apple telah berinvestasi dalam industri energi angin dan matahari China di masa lalu. Tetapi dana baru ini terpisah dari inisiatif energi terbarukan perusahaan sebelumnya di negara ini.  Pemasok komponen besar yang bekerja dengan Apple pada investasi ini termasuk Pegatron dan Wistron Taiwan.  Adapun Deutsche Bank (DB) akan mengelola dana dan juga berinvestasi di dalamnya.
Yuan Ying, manajer kampanye iklim dan energi di salah satu organisasi lingkungan, mengatakan bahwa Apple telah menunjukkan kepemimpinan dalam mempromosikan sumber energi terbarukan di China, tetapi masih bisa berbuat lebih banyak.
Apple dan pemasoknya menunjukkan bagaimana korporasi dapat melakukan bagian mereka untuk berkontribusi pada transisi energi China.  Kami ingin melihat raksasa teknologi China lokal mengikutinya,” katanya.
Ying menambahkan bahwa Apple dapat mengambil langkah lebih lanjut untuk mengurangi limbah lingkungan di China melalui langkah-langkah seperti memperpanjang umur produk-produknya. (iy)
Article Bottom AD

LEAVE A REPLY