Jonan Imbau Masyarakat Isi BBM Full Tank Sebelum Mudik

0
31
Menteri ESDM Ignasius Jonan saat memberikan sambutan pada acara pelepasan mudik bareng pegawai BUMN sektor ESDM, Jumat 8/6/2018. (Foto: ESDM)
Sleman – Menjelang libur panjang Lebaran Idul Fitri 1439 H, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan memberikan tips bagi para pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi roda 4 untuk mengisi penuh Bahan Bakar Minyak (BBM) sebelum memasuki jalur bebas hambatan.
Jonan mengimbau masyarakat agar mengisi bahan bakar minyak (BBM) full tank sebelum melalukan perjalanan mudik. Hal tersebut diungkapkan Jonan saat meninjau kesiapan mudik di sebuah SPBU di Sleman, Yogyakarta, Kamis (7/6/2018). Menurut Jonan, hal tersebut ditujukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan saat berada di jalan tol.
“Jadi jangan berangkat dari rumah ngisinya (BBM) setengah-setengah gitu lho,” ujar Menteri Jonan di SPBU 44-55518, Kaliurang, Sleman, Yogyakarta, Kamis (7/6/2018),
“Ini supaya mencegah kalau terjadi kemacetan di jalan tol, bahan bakar ga sampai habis,” tuturnya.
Article Inline AD

Sementara itu, Direktur Pemasaran Retail PT Pertamina Mas’ud Khamid mengatakan, pemudik dengan mobil pribadi harus mengisi tangki BBM kendaraannya hingga full sebelum berangkat.

Meski demikian, Pertamina berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada pemudik dengan menyediakan fasilitas-fasilitas tambahan untuk menyediakan BBM di jalur mudik.
“Kami mengantisipasi di tol nasional ada BBM kios, kantong-kantong BBM, dan BBM kemasan,” ungkap Khamid.
Khamid menjelaskan bahwa selama periode lebaran ini, stok BBM di Jawa Tengah akan mendapatkan tambahan sekitar 30 – 35% dari kondisi normal, melebihi kenaikan stok nasional secara keseluruhan. Hal tersebut dilakukan karena Jawa Tengah merupakan jalur arteri pemudik di Pulau Jawa, dan rawan titik-titik kemacetan.
“Kalau untuk lebaran, overall nasional akan ada tambahan 25% stok BBM,” terang Khamid. (Nan)
Article Bottom AD

LEAVE A REPLY