Jonan Ogah Bangun PLTU Batubara di Pulau Jawa

0
110
Menteri ESDM Ignasius Jonan saat memberikan sambutan pada acara Indonesia Miner Mineral Processing 2018. Jonan menekankan Kementerian ESDM tidak lagi membangun PLTU di Pulau Jawa. (Foto: ESDM)
Jakarta – Kementerian Energi dan Sumber Data Mineral (ESDM) memutuskan tidak ada lagi pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (Batubara), terutama di Pulau Jawa. Hal tersebut merupakan komitmen pemerintah dalam mengawal perubahan iklim di Indonesia.
“Di Pulau Jawa, tidak ada lagi lelang, commisioning ataupun penandatanganan untuk PLTU Batubara. Kita tidak ingin memperburuk polusi udara. Kita dorong para pelaku tambang membangun PLTU Mulut Tambang. Itu dapat dilakukan di Sulawesi Tenggara dan Kalimantan,” kata Jonan dalam acara Indonesia Miner – Mineral Processing 2018 di Jakarta, Rabu (11/4/2018).
Jonan menekankan, isu lingkungan merupakan fokus utama yang harus disinergikan dengan kebijakan sektor ESDM. Bahkan, Jonan bakal memberi sanksi tegas jika ada perusahaan maupun individu yang mencoba melanggar isu lingkungan. Perusahaan sektor pertambangan juga dituntut menyesuaikan aktivitas pertambangan dengan isu lingkungan.
“Saat ini kita fokus pada isu lingkungan. Tak seorangpun bisa menghindar dari isu tersebut. Silahkan review isu lingkungan di perusahaan Anda,” ujar Jonan.
Selain itu, mantan Dirut PT. KAI itu juga kembali mengingatkan pengelolaan sumber daya mineral tidak lagi hanya dijadikan komoditas dagang. Namun, untuk mewujudkan hal tersebut, pemerintah akan menjamin kepada para penanam modal tambang untuk menjaga stabilitas peraturan.
“Kita tidak hanya mengejar pendapatan royalti, namun ditujukan sebagai modal pembangunan. Saya paham, perhatian utama para investor adalah stabilitas regulasi,” tegasnya. (Nan)
Article Bottom AD

LEAVE A REPLY