Kunjungan Jokowi ke Abu Dhabi

Article Inline AD

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akan menjadi pembicara utama (keynote speaker) Abu Dhabi Sustainability Week yang digelar pekan depan. Kegiatan ini membahas isu seputar energi berkelanjutan.

Hal itu disampaikan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi usai rapat kerjasama investasi Uni Emirat Arab di kantor Kementerian Kemaritiman dan Investasi, Jakarta, Selasa (7/1/2020).

“Presiden diundang sebagai keynote speaker Abu Dhabi Sustainability Week. Jadi Bapak akan bicara pembangunan ekonomi, sekaligus masalah sustainable energyenvironment dan sebagainya, dan kunjungan lapangan di Dubai,” kata Retno.

Kegiatan ini digelar bersamaan dengan kunjungan resmi Jokowi ke Uni Emirat Arab pada 11-13 Januari 2020. Pada kesempatan itu, Jokowi akan bertemu dengan Putra Mahkota Abu Dhabi Syekh Mohammed bin Zayed Al Nahyan untuk membahas perjanjian bilateral kedua negara.

Jokowi juga dijadwalkan bertemu dengan sejumlah pengusaha dan CEO untuk membahas kerja sama investasi di Indonesia.

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menuturkan Presiden Jokowi akan menyaksikan penandatanganan proyek investasi senilai US$ 20 Miliar atau setara Rp 280 Triliun (asumsi kurs Rp 14.000).

“Besok tanggal 13 (Senin 13 Januari 2020), Presiden kunjungi Abu Dhabi berangkat tanggal 11 (Sabtu 11 Januari 2020) pagi menyelesaikan proyek tanda tangan senilai US$ 20 miliar,” ujar Luhut selepas Perayaan Natal bersama Kemenko Marves, di Auditorium BPPT II, Selasa, (7/01/2020).

Menurut Luhut, Abu Dhabi berminat pada belasan proyek di Indonesia, di antaranya proyek kilang Pertamina, yaitu kilang Balongan dan Balikpapan.

Selain itu, investasi akan dialokasikan untuk pendidikan dan kesehatan. Menurut Luhut, nilai investasi untuk ini sedang dibahas. Yang utama saat ini, katanya, adalah struktur sudah terbentuk.

Source: https://www.cnbcindonesia.com/news/20200107192723-4-128399/selain-duit-rp280-t-jokowi-ke-abu-dhabi-jadi-pembicara-kunci

Article Bottom AD