Mesin Konversi Panas Ini Hasilkan Listrik ‘Hijau’

Ilustrasi geotermal
New York – Sebuah perusahaan teknologi maju yang memfokuskan industrinya pada solusi energi bersih dan terbarukan untuk pasar listrik, panas bumi, dan solar thermal, mengumumkan bahwa mereka telah berhasil meluncurkan teknologi mesin konversi panas di Surprise Valley Hot Springs di Modoc County, California, Amerika. Ini merupakan langkah bersejarah untuk energi panas bumi di California.
Teknologi mesin mereka diklaim adalah yang pertama dari jenisnya yang menggunakan teknologi panas bersuhu sangat rendah dari mata air panas geothermal dan mengubah panas itu menjadi tenaga listrik ‘hijau’ yang bersih.  Inovasi ini dirancang dan dibangun oleh tim PwrCor dan Southwest Research Institute di San Antonio, dan didanai oleh Komisi Energi California dan peserta proyek.
Mesin tersebut mereka namakan dengan sebutan State-of-the-art Engine , yang telah berhasil melewati rejimen pengujian ketat sebelum dikirim ke California. The Surprise Valley geothermal installation adalah contoh utama dari pelaksanaan strategi perusahaan untuk menerapkan teknologi PwrCor eksklusif ke pasar strategis.
Seperti dilansir dari globenewswire.com melalui siaran pers dari PwrCor, teknologi milik PwrCor memberikan kemampuan untuk mengurangi keseluruhan biaya energi untuk pengguna listrik. Untuk pertama kalinya, panas ultra-rendah, yang sampai sekarang hanya dapat dibuang dan terbuang, dapat digunakan secara efektif untuk menghasilkan tenaga listrik, memberikan penghematan biaya dan meningkatkan kinerja di garis standar terbawah, sesuatu yang belum pernah tercapai sebelumnya.
CEO PwrCor, Tom Telegades, menyatakan, “kami sangat gembira bahwa teknologi mutakhir milik PwrCor yang baru menjanjikan untuk mengubah profil energi seluruh industri.”
California sendiri memiliki sejumlah besar panas geothermal ultra-rendah yang sebelumnya tidak dapat dimanfaatkan secara ekonomis untuk pembangkit listrik. Teknologi PwrCor telah mengubah itu, memungkinkan penggunaan sumber daya ini untuk memproduksi daya beban dasar tanpa gangguan.
Dalam artikel yang dilansir bertajuk The Modoc County Record yang mencakup instalasi, “Hari Bersejarah untuk Energi Panas Bumi di Negara Bagian”, sebagaimana dicatat dalam artikel tersebut bahwa instalasi PwrCor membuat Modoc county keenam di California untuk menghasilkan listrik dari sumber panas bumi.
Hal itu adalah pertama kalinya menggunakan suhu ultra-rendah (kurang dari 200 ° F) air panas bumi dalam mode ini dengan suara mesin yang berdengung rendah ketika beroperasi.  PwrCor saat ini terlibat dalam diskusi dengan perusahaan-perusahaan terkemuka di industri seperti sel bahan bakar dan mesin reciprocating, dan di inisiatif proyek tambahan minyak dan gas, panas matahari, dan pusat data, yang semuanya memiliki sejumlah besar panas ultra-rendah yang terbuang dan sekarang dapat diubah menjadi kekuatan tambahan, berkontribusi terhadap laba yang lebih tinggi.
Teknologi ini secara efektif mengubah panas ultra-rendah menjadi tenaga mekanik atau listrik, dan merupakan terobosan bagi bisnis-bisnis yang dapat mengambil keuntungan dari mengubah panas yang terbuang menjadi tenaga listrik. (liy)
Article Bottom AD