Penuhi TKDN Hingga 40% Produsen Asal Turki Buka Pabrik Di Cikarang

Tiga produk Ulusoy Electronic yang diklaim telah mengandung Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) hingga 40%. (Dok. Priskop.com)
Article Inline AD

Jakarta – Pemerintah terus menggenjot elektrifikasi di Indonesia, pemerintah juga membuka iklim investasi dan kerjasama dengan pihak swasta dan pihak asing tanpa mengurangi esensi dari kerjasama tersebut yang berpihak kepada masyarakat.

Salah satu kebijakan pemerintah dalam membatasi keterlibatan pihak asing adalah dengan memasukkan unsur konten dalam negeri agar dapat bersinergi dan memberikan kontribusi pada pemerintah Indonesia. Tingkat Konten Dalam Negeri (TKDN) merupakan salah satu bagian dari prasyarat agar dapat masuk kedalam tender-tender proyek yang dibuka oleh pemerintah.

Melihat peluang ini, pabrikan asal Turki telah membuka pabrik untuk memproduksi komponen dan alat-alat penunjang kelistrikan di Cikarang. Menurut Tarik Culhaoglu, President Director Ulusoy Electric Indonesia menyampaikan bahwa pihaknya sangat serius dalam menyikapi hal ini. Menurutnya Ulusoy Electric akan membuka cabangnya untuk Asia di Indonesia. Indonesia merupakan pabrik pertama di Asia yang kedepan akan menjadi sentra untuk pasar Asia Tenggara.

“Kami melihat potensi pasar di Indonesia cukup bagus, sehingga kami memutuskan untuk masuk dan berinvestasi di Indonesia. Pada tahun 2013 kami memulai produksi untuk beberapa produk kita, kami membangun pabrik di Cikarang. Secara bertahap kita akan banyak memproduksi produk kami seperti metal enclosed switchgear, travo dan beberapa varian lainnya. Kita juga akan memnjadikan pabrik di Cikarang adalah Base kami untuk di Asia Tenggara” Jelas Tarik yang juga telah lebih dari 10 tahun berbisnis di Indoensia ini.

Ulusoy Electric sendiri merupakan pabrikan yang mendominasi pasar di Turki yang hingga saat ini sekitar 75% pasar di Turki dikuasai oleh Ulusoy. Pada 2011 Ulusoy Electric mulai melihat pasar energi kelistrikan di Indonesia. Produk Ulusoy Electric sendiri diklaim telah mencapai tingkat kandungan komponen dalam negeri hingga mencapai 40%. Ulusoy merupakan pabrikan ke 6 yang telah masuk ke Indonesia dan dipastikan Ulusoy Electric sendiri telah siap untuk bersaing dengan pabrikan lain, karena Ulusoy telah mendapatkan sertifikasi LMK dari Litbang dan merupakan salah satu produsen yang telah mengantongi beberapa legalitas dan lulus uiji agar dapat ikut dalam kompetisi proyek-proyek nasional. (RIS)

Article Bottom AD