Pertamina EP Cepu Gelar Pelatihan Kewirausahaan Untuk Masyarakat Sekitar Proyek JTB

Ilustrasi kilang minyak. Foto: Wulfram/Priskop.com
Article Inline AD

 

Jawa Timur, – Proyek Strategis Nasional (PSN) Lapangan Gas Unitisasi Jambaran-Tiung Biru (JTB), melalui operatornya PT Pertamina EP Cepu (PEPC)  PT Pertamina EP Cepu (PEPC), kembali menggelar pelatihan kewirausahaan untuk masyarakat di wilayah proyek, di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Pembukaan pelatihan digelar di Kantor Unit Pelaksana Teknis Pelatihan Kerja (UPT PK) Kabupaten Bojonegoro, Senin (19/11/2018).

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah operasi JTB, melalui peningkatan sumberdaya manusia serta menstimulasi pertumbuhan wirausaha mandiri di sekitar lokasi proyek. Harapannya, hal itu akan berdampak pada penurunan tingkat pengangguran dan peningkatan ekonomi makro wilayah Bojonegoro.

Program yang merupakan hasil studi sosial ekonomi ini bekerjasama dengan Unit Pelaksana Teknis Pelatihan Kerja (UPT PK) Kabupaten Bojonegoro.

Pelatihan akan dilaksanakan selama 20 hari. Pelatihan ini diikuti oleh 56 orang, yang terbagi dalam tiga kategori. Pelatihan tata busana diikuti 20 orang, pelatihan tata boga 20 orang, serta pelatihan mekanik motor 16 orang.

Peserta pelatihan berasal dari sekitar area proyek JTB. Antara lain dari Desa Kaliombo, Bandungrejo, Talok, Ngasem, Pelem dan Dolokgede.

Kunadi yang merupakan JTB Site Office & PGA Manager mengatakan bahwa pelatihan ini akan dilaksanakan selama 20 hari ke depan. Peserta akan mendapatkan pelatihan sesuai dengan bidang keahlian dan minat masing-masing. Selain materi ajar, peserta pelatihan akan mendapatkan bantuan peralatan.

“PEPC dari tahun 2015 sampai sekarang telah melaksanakan program pengembangan masyarakat, khususnya keterampilan kewirausahaan kepada 290 penerima manfaat di bidang migas dan di bidang non migas sebanyak 175 penerima manfaat,” kata Kunadi.

(Agus)

 

Article Bottom AD