PLN Hadapi Tantangan Perubahan Teknologi

0
94
Founder PJCI Eddie Widiono saat memaparkan mengenai teknologi smart grid pada acara Smart Energy untuk Masa Depan Bersama Mentransformasi Sistem Energi di Indonesia, Kamis 26/4/2018. (Foto: priskop.com)
Jakarta – Founder Prakarsa Jaringan Cerdas Indonesia (PJCI) Eddie Widiono mengatakan saat ini PLN tengah menghadapi tantangan perubahan teknologi ketenagalistrikan. Menurutnya, ada beberapa teknologi yang muncul dalam teknologi smart grid.
Hal tersebut diungkapkan dalam acara ‘Smart Energy untuk Masa Depan Bersama Mentransformasi Sistem Energi di Indonesia’ yang digelar oleh Digitaraya bersama New Energy Nexus Southeast Asia di Jakarta, Kamis (26/4/2018).
“Saat ini, PLN sedang menghadapi perubahan teknologi. Tak hanya PLN, tapi seluruh dunia. Smart grid sendiri manifestasinya dari beberapa teknologi,” kata Eddie.
Eddie menambahkan, peran masyarakat dalam kelistrikan sejalan dengan kemajuan teknologi. Oleh karena itu, nantinya di Indonesia akan mengalami tren prosumer. Prosumer merupakan tren dimana konsumen PLN bisa menjadi produsen listrik.
Sementara itu, Managing Director JJB Sustainergy Paul Butarbutar mengatakan, ada 3 isu utama pengelolaan energi di Indonesia.
“Ketahanan energi di Indonesia utamanya batubara dan gas. Gas pada 2027 akan impor lebih besar. Batubara juga demikian pada 2046 kita bisa impor lebih besar. Ini menjadi masalah bagi kita. Kalau kita impor, minyak dan batubara naik maka perekonomian kita bisa terganggu,” ujar Paul.
Selain itu, isu berikutnya adalah di Indonesia masih dominan menggunakan energi fosil. Menurutnya di Indonesia masih ada puluhan ribu daerah yang belum ada akses energi. Energi baru terbarukan (EBT) mencoba menyediakan akses energi untuk daerah 3T.
Paul menambahkan, “Indonesia sepakat menurunkan emisi gas rumah kaca 29 persen pada 2030.” Oleh karena itu, dia menyimpulkan saat ini pemerintah masih mengandalkan fosil. Kedepannya, dia berharap pemerintah perlu belajar dari kenaikan batubara yang mengganggu keuangan PLN. (Nan)
Article Bottom AD

LEAVE A REPLY