Potensi Bis Listrik Dilirik Sebagai Kendaraan Masa Depan

California – Kendaraan listrik saat ini memang hanya berkutat pada penggunaan mobil pribadi.  Namun siapa yang akan menyangka jika teknologi masa depan energi bersih terbarukan ini dapat diaplikasikan untuk kendaraan umum seperti bis.  Dengan jarak tempuh yang monoton menjadi keuntungan tersendiri mendisain seberapa banyak baterai yang dibutuhkan untuk sekali perjalanannya.  Bahkan bisa lebih efisien dan irit.
Seperti dilansir dari laman teknologi situs cleantechinca.com, gagasan tersebut memang tak semudah membalikkan telapak tangan.  Masih banyak pihak di dunia energi terbarukan seolah ‘terjebak’ dengan segudang masalah.  Setidaknya, beberapa dari mereka yang optimis bahwa bis bisa menuju ke teknologi vehicle-to-grid di masa depan, di tahun 2030.
Laporan oleh Bloomberg New Energy Finance memperkirakan bahwa 84 persen dari penjualan bis di tahun tersebut akan dikuasai oleh elektrik bis.  Karena kapasitas angkut yang lebih besar, bis juga dikemas dengan baterai yang jauh lebih banyak daripada kendaraan pribadi.  Sebagai bonus khusus, sebagian besar diparkir untuk jangka waktu yang lama dan berjalan pada jadwal yang sangat mudah diprediksi dengan jarak yang sama setiap hari.
Sifat bis yang terjadwal membuatnya menjadi kandidat ideal untuk vehicle-to-grid, karena baterai dapat berukuran tepat untuk rute tersebut, menjadikannya efektif.   Karena armada bis bermigrasi ke bis listrik, halaman bis yang sama itu memiliki potensi untuk menjadi salah satu bank penyimpanan baterai terbesar di kawasan tersebut.
Bahkan dengan armada 100 bis dapat mewakili potensi penyimpanan hingga 20–60 MWh. Kapasitas penyimpanan armada yang sebenarnya akan ditentukan oleh jumlah titik pengisian di halaman, kapasitas setiap bis, dan kapasitas setiap titik pengisian untuk mengalirkan daya ke dan dari grid.
Mengukur penghematan ini, hingga armada bis listrik penuh membawa angka ke tingkat yang benar-benar baru, dengan potensi untuk menyerap kelebihan listrik yang dihasilkan oleh energi terbarukan intermiten atau memberikan kelebihan daya kembali ke grid.
Sekolah-sekolah di Amerika  kelihatannya tidak perlu menunggu lama untuk masa depan akan bis listrik ini.  Pasalnya banyak pilihan yang tersedia saat ini dari produsen bis sekolah terkemuka seperti Blue Bird dengan bis Tipe C & D-nya.  Bis sekolah listrik sepenuhnya dari Motiv Power System telah sudah digunakan lebih dulu di Sacramento, California, Amerika.  (Liy)
Article Bottom AD

LEAVE A REPLY