Sambut Hari Listrik Nasional, GE Indonesia Gelar Pameran Se-Asia

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Masyarakat Kelistrikan Indonesia (MKI) Heru Dewanto menjelaskan perkembangan dunia industri dan kelistrikan di Jakarta. (Foto: Istimewa)
Article Inline AD

Jakarta – Dalam rangka menyambut Hari Listrik Nasional (HLN) ke-73, untuk pertama kalinya Power-GEN Asia (PGA) akan digelar di Indonesia dalam beberapa hari ke depan. Rencananya dalam acara tersebut akan ada serangkaian solusi pembangkit listrik dari General Electric (GE) Indonesia dan ini akan menjadi tayangan utama pada 18-20 September 2018 di ICE, BSD City, Tangerang.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Masyarakat Kelistrikan Indonesia (MKI) Heru Dewanto mengatakan bahwa acara ini pertama kali diadakan di Indonesia. Padahal ketika PGA diadakan di luar negeri, beberapa negara sudah membicarakan tentang market Indonesia.

“Power-GEN Asia, ini pertama kalinya diadakan di Indonesia. Para pembicara biasanya berbicara tentang Market Indonesia ketika pamerannya ada di luar Indonesia,” ungkap Heru Dewanto kepada wartawan di Jakarta, kemarin (13/9/2018).

Heru berharap Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dapat membuka acara tersebut. Rencananya akan ada 200 pembicara internasional yang akan membahas bagaimana sektor listrik dapat membangun Indonesia.

“Kita upayakan Pak Presiden hadir. Kami mengharapkan tahun ini bisa dibuka oleh Pak Presiden. Ada 200 international speaker,” tambah Heru.

Senada dengan Heru, President Director GE Operation Indonesia David Hutagalung menyampaikan bahwa pihaknya akan melakukan sosialisasi lebih dulu daripada yang lain terkait pembangkit listrik digital di acara PGA. “Untuk menyambut Hari Listrik Nasional, GE pengen ‘nyolong’ start untuk ngobrol-ngobrol dan sosialisasi. Ini gawean Indonesia, big program. Akan berkumpul berbagai kalangan untuk membicarakan isu-isu penting,” ujar David Hutagalung di tempat yang sama.

President Director GE Operations Indonesia David Hutagalung menyampaikan informasi terbaru mengenai pembangkit tenaga listrik digital. (Foto: Istimewa)

Ia mengatakan bahwa acara ini merupakan gabungan dari berbagai negara di Asia. “Untuk (Power-GEN) Asia, ini pertama kali di Indonesia. Exhibitors ada 250. Yang sudah terdaftar sebanyak 8.500 peserta. GE merasa terhormat men-support acara ini,” lanjut David.

Selain itu, sebagai tuan rumah GE Indonesia akan menyediakan ruang konferensi yang disebut Knowledge Hub. Knowledge Hub adalah platform bagi para pemain industri kelistrikan untuk membahas masalah listrik pada saat ini di Indonesia, misalnya optimalisasi pembangkit listrik, potensi blockchain, solusi daya digital, masa depan pembangkitan dan distribusi listrik, kendaraan dan infrastruktur listrik, energi bersih hingga kompetisi inovasi energi.

“Kami (GE Indonesia) tahun ini men-support berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini kita memakai Knowledge Hub, di mana terjadi interaksi antara stakeholders dan peserta,” pungkas David.(her)

Article Bottom AD

LEAVE A REPLY