Sumber Air Mandiri dari Matahari

Dok. Priskop
Article Inline AD

 

Pengembangan Dari Penelitian Sebelumnya
Dari sebuah penelitian yang digagas oleh Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi Universitas Gajah Mada Yogyakarta, Penelitian ini berusaha menemukan sebuah solusi bagi daerah di Indonesia yang terletak jauh dari aliran listrik dan jauh dari sungai. Sehingga bagaimana mereka dapat mendapatkan air dari pompa listrik meski tidak terhubung oleh jaringan listrik.

Melalui ketekunannya Ade Pratama Suryo Kusumo, dengan dibimbing oleh Dr. Eka Firmansyah, peneliti dari Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi Universitas Gajah Mada ini meneruskan berbagai eksperimen yang sudah ada dan mencoba untuk menyempurnakan hasil dari penelitian tersebut, hingga tercipta sebuah perangkat tenaga matahari yang efektif, sederhana dan murah biaya perawatannya karena tidak memerlukan battery.

Menurut Ade dirinya membantu meneruskan penelitian yang sudah ada sebelumnya dan mencoba menyempurnakan agar dapat menjadi sebuah produk yang benar-benar berguna bagi masyarakat yang membutuhkannya.

“Sebenernya inverter ini penelitian udah dari dulu-dulu dan juga dari mahasiswa bimbingannya dosen, jadi seperti penelitian turun-temurun gitu. Tapi gak tau kenapa waktu saya setelah lulus saya dikontrak jadi asisten dosen saya dan diminta menyelesaikan Pompa Lindri ini.” Ungkap Ade menerangkan sejarah singkat kenapa dia menjadi bagian dari penelitian Pompa Lindri ini.

Perangkat ini diberi nama dengan Pompa Listrik Mandiri ‘POMPA LINDRI’ pompa listrik ini dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan bagi masyarakat yang terletak jauh dari jaringan listrik agar dapat memompa air walau tanpa ada jaringan listrik.

Yang menarik dari perangkat ini adalah kemandiriannya yang bisa diandalkan tanpa harus ada jaringan listrik apapun (off grid). Dengan memanfaatkan teknologi photovoltaic atau teknologi sinar matahari sebagai pembangkit tenaga listriknya.

Untuk memenuhi kebutuhan air dalam sebuah daerah yang menggunakan pompa mandiri ini juga diperlukan tandon air untuk dapat menyimpan cadangan air selama pompa ini bekerja pada siang hari. Sehingga kebutuhan air pada waktu malam hari dapat tersimpan.

 

Inverter yang Didesain Khusus
Kelebihan inverter untuk pompa ini adalah desain teknologi yang bisa memaksimalkan kerja input dari konversi cahaya dari photovoltaic ‘PV’. Sehingga Pompa Lindri hadir untuk memberikan solusi. Berikut ini adalah skema kerja sistem dari Pompa Lindri yang mampu bekerja tanpa bantuan listrik hanya menggunakan panel surya sebagai energi utamanya.

 

Dok. Priskop

 

Adapun komponen dari Pompa Lindri ini terdiri dari Panel Surya sebesar 500 Wp atau sejumlah 5 panel dengan masing-masing panel berdaya 150 Wp yang kemudian disambungkan dengan inverter chip Pompa Lindri dan merubah energi DC dari panel surya menjadi listrik arus bolak-balik AC sehingga mampu menggerakkan Pompa air 1 fasa dengan rating maksimal 250W.

 

Ragam dan Jenis Panel Surya
Untuk jenis panel surya sendiri mempunyai dua tipe yaitu tipe dengan polycrystalline dan monocrystalline, kedua tipe ini memiliki perbedaan pada tingkat efisiensinya pada penyerapan dari panas yang didapat oleh panel untuk selanjutnya dikonversi ke dalam energi listrik.

 

Tipe Panel Surya: Dua tipe panel surya yang mempunyai perbedaan motif dan proses produksi membuat efisiensi penerimaan dan konversi dari panas ke energi menjadi berbeda (sumber: istimewa)

 

Untuk monocrystalline adalah panel surya yang dapat menghasilkan energi konversi lebih efisen dari pada polycrystalline. Hal ini disebabkan dari proses produksi antara monocrystalline dan polycrytalline yang berbeda dibandingkan proses produksi dan bahan dari polycrystalline.

Monocrystalline dibuat dengan proses produksi yang sangat detail dibandingkan dengan polycrystalline yaitu menggunakan metode Czochralski sehingga hal ini berpengaruh terhadap jumlah dari panel surya yang akan digunakan. Untuk tipe monocrystalline akan membutuhkan jumlah yang lebih sedikit dibandingkan dengan polycrystalline.

Dilihat dari sisi efisiensi yang dihasilkan monocrystalline mempunyai harga yang lebih mahal dibandingkan dengan polycrystalline. Sedangkan dari sisi ukuran, monocrystalline juga mempunyai ukuran yang lebih kecil untuk dapat menghasilkan energi yang lebih besar dibandingkan dengan polycrystalline, akan tetapi untuk masa usia pakai dari kedua tipe ini relative sama antara keduanya.

 

Sistem Keamanan Inverter dan Otomatisasi

Tampak perangkat Inverter Chip besutan anak bangsa yang mempunyai kemampuan luar biasa dalam mengubah dan memaksimalkan energi yang berasal dari panas matahari. (dok. istimewa)

 

Selain dapat meningkatkan efisiensi dari keinerja Pv atau panel yang terpasang, inverter ini juga memiliki sistem keamanan yang dapat diandalkan. Inverter ini memiliki sensor yang mampu memutus arus ke pompa apabila energi yang dihasilkan tidak cukup untuk menyalakan pompa air dan demikian sebaliknya inverter juga akan membaca ketika arus yang kuat yang dihasilkan oleh panel untuk menyalakan pompa terlalu besar.

Secara otomatis inverter akan mengatur daya yang masuk untuk dikonsumsi pompa, sehingga inverter cerdas ini tidak membutuhkan saklar on atau off untuk mematikannya, karena pada waktu malam inverter akan secara otomatis mematikan sistem dan akan menyala secara bertahap pada waktu panel menerima cahaya yang cukup untuk menyalakan pompa.

 

Dok Priskop

 

Siap Dipasarkan
Sebagai institusi Pendidikan yang fokus terhadap pengembangan sebuah prototype dan riset. Jurusan Elektro Universitas Gajah Mada ini telah menggandeng Solo TechnoPark untuk mencoba memasarkan produk ini.

Produk yang akan dipasarkan terbatas ini mencoba untuk dipasarkan dengan mempertimbangkan hal-hal yang mementingkan masyarakat banyak. Sehingga produk ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat tanpa memberatkan masyarakat dari sisi harga.

 

Berapa Biaya Yang Dibutuhkan Untuk Sebuah Pompa Lindri?
Biaya yang dibutuhkan untuk sebuah Pompa Lindri relative lebih ringan apabila dibandingkan dengan manfaat yang akan diperoleh dengan masa investasi yang bisa dikatakan cukup lama.

Untuk usia panel surya sendiri membutuhkan waktu paling tidak 25-30 tahun untuk bisa maksimal digunakan secara efektif sebagai penerima panas matahari. Sedangkan untuk inverter sendiri juga mempunyai after sales dan servis yang juga dijamin mudah. Dikarenakan perangkat ini buatan Indonesia, secara otomatis akan mudah untuk membeli suku cadang dan membenahinya.

Berikut ini adalah estimasi biaya dari sebuah instalasi sebuah Pompa Lindri diluar dari biaya pipa yang tentunya juga menyesuaikan dari kebutuhan di lapangan.

 

Dok. Priskop

 


Written by: Ris                                                                                                              Edited by: Y&S

Article Bottom AD