Warga Kabupaten Katingan Kalteng Kini Bisa Nikmati BBM Satu Harga

Ilustrasi penyaluran BBM di depo Pertamina. Foto: Wulfram/priskop.com
Article Inline AD

 

Kalimantan Tengah,- Program BBM Satu Harga diresmikan di SPBU Kompak, di wilayah Kecamatan Kamipang, Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah, Senin (12/11/2018).

Peresmian ini dilakukan oleh Staf Khusus Menteri ESDM Hadi M Djuraid, bersama Marketing Branch Manager Kalbarteng PT Pertamina (Persero) Teuku Johan Miftah, Bupati Katingan Sakariyas, dan disaksikan oleh jajaran TNI dan Polri, serta tokoh masyarakat Kabupaten Katingan dan warga sekitar.

“Melalui program BBM Satu Harga, Pemerintah bersama Pertamina berkomitmen khususnya agar daerah-daerah 3T (terluar, terdepan dan tertinggal) tidak semakin tertinggal, dapat menikmati BBM dengan harga yang sama dengan di kota,” ujar Hadi M Djuraid, seperti dilansir dari laman Kementerian ESDM.

Hadi M Djuraid menyampaikan, hingga tahun 2018 ini akan ada 160 titik BBM Satu Harga. “Hadirnya BBM Satu Harga ini juga akan turut mendorong target dan program Pemerintah Daerah, menyerap tenaga kerja, meningkatkan ekonomi masyarakat. Multiplier effect-nya sangat banyak,” katanya.

Hadi meminta kepada Pemerintah daerah dan seluruh warga masyarakat untuk bersama-sama mengawal program ini. “Mari kita jaga, pelihara, amankan bersama, sehingga tujuan tercapai dan tidak dimanfaatkan pihak-pihak tertentu untuk mengambil keuntungan,” kata Hadi.

Sementara itu, Marketing Branch Manager Kalbarteng PT Pertamina (Persero) Teuku Johan Miftah menuturkan bahwa SPBU Kompak ini merupakan titik ke-116 BBM Satu Harga yang dibangun Pertamina di wilayah 3T. “BBM (di SPBU ini) disuplai dari TBBM Sampit yang berjarak tempuh 160 km dari sini,” ujar Johan.

Menurut Johan, ada isu penting terkait kontinuitas stok BBM untuk menjamin terayaninya kebutuhan masyarakat. “Mohon bantuan Bupati dan masyarakat sekitar untuk turut mengawasi agar tidak diperjualbelikan kembali, sehingga dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk pertumbuhan ekonomi daerah,” kata Johan.

Warga Desa Baun Bango, Kecamatan Kamipang, yang hadir dalam peresmian BBM Satu Harga di SPBU Kompak ini terlihat bahagia. Selama ini mereka cukup sulit untuk mendapatkan BBM dan kalaupun ada harganya mahal.

“Sebelum ada (SPBU Kompak) ini, ya kami harus menempuh jarak sekitar 10 km buat beli bensin ke SPBU. Akhirnya saya pilih eceran saja, harganya Rp 10.000 seliter,” ujar Darwis, salah satu warga yang hadir dalam acara tersebut.

(Agus. Sumber: Tim Komunikasi KESDM/Kinara/Khoiria)

Article Bottom AD